Pages

Posted on: Selasa, 09 Juni 2009

Lanjutan!!!!seamount...

Penemuan Gunung Api raksasa di sebelah barat-selatan Bengkulu ini banyak yang mengagetkan apalagi dibumbui dengan kemungkinan meletus. Tapi untuk sementara yang dapat dijelaskan disni adalah bahwa yang terlihat itu saat ini disebut sebagai seamount. Tidak perlu ditakutkan tetapi perlu diperhatikan.

Setelah diplot di ArcGIS itu emang Seamount yg terlihat dari bathymetrinya. atau dari peta kedalaman

Diatas ini adalah daerah yang diteliti oleh BPPT bersama-sama dengan instansi lainnya yang diberitakan oleh Antara dan di Kompas itu. Penelitian ini merupakan penelitian untuk tujuan mitigasi atau penelitian kebencanaan.

Terlihat disebelah barat Bengkulu ada sebuah bukit eh gunung yang menjulang ditengah laut. Gejala atau penampakan gunung-gunung ini disebut seamount.

Jadi diperkirakan ada 30 ribu fenomena ini dibumi. Namun hanya sedikit yang diketahui. Jadi ya jangan heran kalau “baru diketemukan”. Daerah ini kebetulan jarang diteliti untuk eksplorasi atau ekstraksi. Bagaimanapun ketertarikan science selalu diiringi oleh ketertarikan materi/ekonomi. Saat ini penelitian tidak hanya untuk ekonomi tetapi untuk mitigasi. Penelitian ini sepertinya dilakukan dalam rangka mitigasi tsunami.

Jadi perlu kita acungi lima jempol untuk BPPPT yang meneliti untuk tujuan mitigasi kebencanaan (tsunami). Dalam beberapa tahun lalu ketika tsunami Aceh diperkirakan adanya longsoran bawah laut dan ternyata penelitian bathymetri masih langka. Salah satu penelitian yang dilakukan dalam berita itu adalah pengambilan data kedalaman dan pengambilan data profil seismic.

Namun kalau menilik bahwa adanya kemungkinan meletus seperti yang di koran itu ya memang nggegirisi. Walaupun dari definisi diatas kebanyakan seamount itu dooormant volcanism (extinc volcano). Kita perlu sabar menunggu penjelasan resmi dari BPPT dan Direktorat Volcanology.

sumber : Dongeng Geologi

0 comments: