Pages

Posted on: Kamis, 01 Januari 2009

TAhun BAru keLam di Palestina...

Konflik Israel-Palestina, bagian dari konflik Arab-Israel yang lebih luas, adalah konflik yang berlanjut antara bangsa Israel dan bangsa Palestina.

Konflik Israel-Palestina ini bukanlah sebuah konflik dua sisi yang sederhana, seolah-olah seluruh bangsa Israel (atau bahkan seluruh orang Yahudi yang berkebangsaan Israel) memiliki satu pandangan yang sama, sementara seluruh bangsa Palestina memiliki pandangan yang sebaliknya. Di kedua komunitas terdapat orang-orang dan kelompok-kelompok yang menganjurkan penyingkiran teritorial total dari komunitas yang lainnya, sebagian menganjurkan solusi dua negara, dan sebagian lagi menganjurkan solusi dua bangsa dengan satu negara sekular yang mencakup wilayah Israel masa kini, Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Sejak Persetujuan Oslo, Pemerintah Israel dan Otoritas Nasional Palestina secara resmi telah bertekad untuk akhirnya tiba pada solusi dua negara. Masalah-masalah utama yang tidak terpecahkan di antara kedua pemerintah ini adalah:


Dua orang meninggal pada hari ini dalam serangan udara Israel pada Tahun Baru di Jalur Gaza, menambah jumlah korban tewas menjadi 397 sejak operasi militer Israel dimulai pada Sabtu, kata Moawiya Hassanein, kepala layanan darurat di kawasan itu.

Seorang wanita tewas dalam serangan terhadap sebuah rumah yang diduduki anggota Hamas di Rafah, dekat tapal batas dengan Mesir, kata Hassanein kepada AFP.

Dokter itu mengatakan anggota-anggota Hamas yang menjadi sasaran tak berada di tempat tapi para korban dilaporkan tetangga mereka.

Lebih 2.000 orang cidera, kata Menteri Kesehatan de facto Hamas, Basam Naim. Ia memperingatkan lebih 300 di antara mereka berada dalam keadaan serius dan jumlah korban tewas bisa naik dengan cepat.

Sementara itu, Israel menolak seruan-seruan internasional pada Rabu untuk menghentikan kekerasan di Jalur Gaza.

Menteri-menterinya yang menangani keamanan menolak usul Prancis bagi gencatan senjata 48 jam guna mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki kawasan itu. Israel masih terus melancarkan serangan-serangan udara pada hari kelima.

Sedikitnya 25 sasaran Hamas, termasuk sebuah masjid dihujani gempuran oleh Angkatan Udara Israel pada Rabu malam. Israel menyatakan masjid itu digunakan Hamas untuk menimbun roket.

Sedangkan Hamas melancarkan serangan terhadap Israel dengan menghujani kota-kota di bagian selatan Israel dengan 70 roket.

Pemimpin Hamas di Jalur Gaza, Ismail Haniya, berbicara untuk pertama kali dari tempat persembunyiannya dalam pidato yang direkam. Ia menyatakan Hamas dan rakyat Jalur Gaza "akan menang" dan berusaha menaikkan moral dengan mengutip ayat-ayat Al-Qur'an.

Israel belum melancarkan ofensif darat di Gaza kendati spekulasi tersiar bahwa serangan itu sudah dekat. Sejak Sabtu, Israel melancarkan sedikitnya 450 serangan udara atas lebih 600 sasaran di Gaza sebaliknya kelompok Hamas melancarkan sedikitnya 334 roket ke wilayah Israel.

"huff,,disaat kiTa disini dapat menikmati euforia tahun baru yang hanya ada tiap malam pergantian tahun...namun,,saudara-saudara kita yang telah menjadi korban serangan israel...maRi kita berdoa agar semua konflik yang ada dibumi ini segera dapat dihapuskan dan kembali hidup dalam kedamaian...amiiieenn...

peace...."

0 comments: